Sapta Pesona
Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam
rangka menarik minat wisatawan berkunjung kesuatu daerah atau wilayah di negara
kita. Kita harus menciptakan suasana indah mempesona dimana saja dan kapan
saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu
melayani wisatawan. Dengan kondisi dan suasanan yang menarik dan nyaman,
wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan
memberikan kenangan yang indah dalam hidupnya. Sapta Pesona terdiri dari tujuh
unsur yaitu :
1. AMAN
Yakni suatu kondisi dimana wisatawan dapat merasakan dan
mengalami suasana yang aman, bebas dari ancaman , gangguan, serta tindak
kekerasan dan kejahatan merasa terlindungi dan bebas dari :
- Tindak kejahatan, kekerasan, ancaman seperti kecopetan, pemerasan, penodongan,dan penipuan dan lain sebagainya.
- Terserang penyakit menular dan penyakit berbahaya lainnya.
- Kecelakaan yang disebabkan oleh alat perlengkapan dan fasilitas yang kurang baik,seperti kendaraan, peralatan untuk makan dan minum, lift, alat perlengkapan atau rekreasi dan olah raga.
- Gangguan oleh masyarakat antara lain berupa pemaksaan olh pedagang asongan, tangan jahil, ucapan dan tindakan serta prilaku yang tidak bersahabat dan lain sebagainya. Jadi aman berarti terjamin keselamatan jiwa dan fisik, termasuk milik (barang) wisatawan.
2. TERTIB
Yakni suatu kondisi yang mencerminkan suasana tertib dan
teratur serta disiplin dalam semua segi kehidupan masyarakat baik dalam hal
lalu lintas kendaraan, penggunaan fasilitas maupun dalam berbagai perilaku
masyarakat lainnya , misalnya :
- Lalu lintas tertib , teratur dan lancar alat angkutan datang dan berangkat tepat pada waktunya.
- Tidak nampak orang yang berdesakan atau berebut mandapat atau membeli sesuatu yang diperlukan.
- Bangunan dan lingkungan ditata teratur dan rapi.
- Informasi yang benar dan tidak membingungkan
3. BERSIH
Yaitu kondisi yang
memperlihatkan sifat bersih dan higienis
baik keadaan lingkungan, sarana
pariwisata, alat perlengkapan pelayanan
maupun manusia yang memberikan pelayanan tersebut . Wisatawan akan merasa betah & nyaman bila beradaditempat tempat yang bersih dan sehat seperti :
- Lingkungan yang bersih baik dirumah sendiri maupun di tempat – tempat umum , hotel , restoran , angkutan umum , tempat rekreasi , tempat buang air kecil / besar.
- Sajian makanan dan minuman bersih dan sehat
- Penggunaan dan penyediaan alat perlengkapan yang bersih
- Pakaian dan penampilan petugas bersih , rapi dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap.
4. SEJUK
Yaitu terciptanya suasana yang segar, sejuk serta nyaman
yang dikarenakan adanya penghijauan secara teratur dan indah baik dalam bentuk
taman maupun penghijauan disetiap lingkungan tempat tinggal , untuk itu
hendaknya kita semua :
- Turut serta aktif memelihara kelestarian lingkungan dan hasil penghijauan yang telah dilakukan masyarakat ataupun pemerintah.
- Berperan secara aktif untuk menganjurkan dan memelopori agar masyarakat setempat melaksanakan kegiatan penghijauan dan memelihara kebersihan , menanam berbagai tanaman dihalaman rumah masing – masing baik untuk hiasan maupun tanaman yang bermanfaat bagi rumah tangga, dihalaman sekolah dan lain sebagainya.
- Membentuk perkumpulan yang bertujuan memelihara kelestarian lingkungan.
- Menghiasi ruang belajar / kerja , ruang tamu , ruang tidur dan tempat lainnya dengan aneka tanaman penghias atau penyejuk.
Memprakarsai berbagai kegiatan dan upaya lain yang dapat
membuat lingkungan hidup kita menjadi sejuk , bersih , segar dan nyaman.
5. INDAH
Yaitu kondisi yang mencerminkan penataan yang teratur,
tertib dan serasi baik mengenai prasarana, sarana, penggunaan tata warna yang
serasi, selaras dengan lingkungannya serta menunjukkan sifat-sifat kepribadian
nasional. Indah yang selalu sejalan dengan bersih dan tertib dan tidak
terpisahkan dari lingkungan hidup baik berupa ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
maupun hasil karya manusia. Karena itu kita wajib memelihara lingkungan hidup
agar lestari dan dapat dinikmati oleh umat manusia.
6. RAMAH TAMAH
Yaitu sikap dan perilaku masyarakat yang ramah dan sopan
dalam berkomunikasi, memberikan pelayanan serta ringan tangan untuk membantu
tanpa pamrih. Ramah tamah merupakan watak dan budaya bangsa Indonesia pada
umumnya , selalu menghormati tamunya dan dapat menjadi tuan rumah yang baik.
Sikap ramah tamah ini merupakan salahsatu daya tarik bagi para wisatawan , oleh
Karena itu harus kita pelihara terus.
7. KENANGAN
Yaitu kesan yang menyenangkan dan akan selalu diingat .
Kenangan dapat berupa yang indah dan menyenangkan akan tetapi dapat pula yang
tidak menyenangkan. Kenangan yang ingin diwujudkan dalam ingatan dan perasaan
wisatawan dari pengalaman berwisata di Indonesia , dengan sendirinya adalah
yang menyenangkan . Kenangan yang indah ini dapat pula diciptakan dengan antara
lain :
- Akomodasi yang nyaman, bersih dan pelayanan yang cepat tepatdan ramah.
- Atraksi-atraksi budaya khas yang mempesona.
- Jenis makanan khas daerah yang lezat dengan penampilan dan penyajian yang menarik dan higienis.
- Cendera mata yang merupakan ciri khas daerah dengan tampilan yang indah dan harga yang murah.
Sapta pesona dan tujuan pelaksanaannya begitu luas dan tidak
untuk kepentingan pariwisata semata.
Memasyarakatkan dan membudayakan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari – hari mempunyai tujuan jauh lebih
luas , yaitu untuk meningkatkan disiplin nasional dan jati diri bangsa yang
juga akan meningkatkan citra baik bangsa dan negara.
0 komentar:
Posting Komentar