Purwani
Ramadhani Wulansari
02335
Kepariwisataan
A
Daya
saing antar Destinasi Internal Indonesia disertai dengan indikator dan
parameternya : JATIM PARK 1 dan TRANS STUDIO BANDUNG.
JATIM
PARK 1
a)
Manfaat
pada masyarakat
Manfaat
dari didirikannya Jatim Park 1 untuk masyarakat adalah memberikan ruang kepada
masyarakat untuk melepaskan kepenatan dari kesibukan kegiatan sehari-hari dan
meninggkatkan pendapatan masyarakat sekitar.
b)
Harga
Harga
tiket masuk yang di tawarkan adalah Rp 50.000,- untuk Senin-Kamis dan Rp
60.000,- untuk Jum’at-Ahad dan libur nasional. Harga tersebut bisa berubah
sewaktu-waktu khususnya pada waktu peak season libur sekolah.
c)
Sarana
dan prasarana
-
Jalan
di sekitar beraspal.
-
Tempat
Parkir yang memadai seluas ± 1 hektar,
-
Nursery Room
-
Fasilitas
jalan bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda dan kereta bayi
-
Free untuk
peminjaman kursi roda
-
Tempat
istirahat untuk bayi dan ibu menyusui yang dilengkapi pula, microwave,
dispenser dan tempat ganti popok
-
Toilet di 14
titik Lokasi dengan total 60 kamar
-
Outlet
makanan & minuman
-
Studio Foto
-
Pasar Wisata
-
Musholla
-
Klinik
-
Wahana
hiburan dan edukasi
d)
Lingkungan
Berada
di jalan Kartika No. 2 Kota Batu yang termasuk di lereng timur gunung
Panderman, dengan luas area mencapai 11 hektar dan posisinya di ketinggian 850m
dpl membuat wisata menjadi lebih menyegarkan. Tempat wisata ini tidak jauh dari
pemukiman penduduk, namun tidak mengganggu akses dan kegiatan penduduk.
e)
Teknologi
Teknologi
modern banyak di gunakan oleh Jatim Park 1, jaringan internet , Mobile phone.
f)
SDM
Pariwisata
Para
pengelola Jatim Park 1 memiliki pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni dalam
menjalankan dan mengoperasikan alat pada setiap wahana.
g)
Sosial
Promosi
yang digunakan beragam menggunakan media sosial (Facebook,Twitter,Blog,Web),
koran, majalah wisata, people to people.
TRANS STUDIO BANDUNG
a)
Manfaat
pada masyarakat
Manfaat
yang diberikan hanya berupa hiburan, meskipun ada 1 wahana yang berisi
pengetahuan Science.
b)
Harga
Harga
tiket masuk Trans Studio Bandung adalah:
-
Senin
s/d Jumat : Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah )
-
Sabtu
- Minggu / Hari Libur : Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah )
-
Tambahan
Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah ) untuk VIP Access, untuk Jalur
Antrian Cepat dengan Pintu Khusus. Berlaku untuk seluruh wahana dan atraksi
sepuasnya atau dapat berkali-kali.
Tiket
masuk Trans Studio menggunakan kartu Mega Cash, harga kartu adalah Rp.
10.000,-. Kartu Mega Cash dapat digunakan untuk melakukan transaksi di semua
outlet di dalam Trans Studio Theme Park.
c)
Sarana
dan prasarana
-
Trans
Studio Theme Park: pusat rekreasi indoor berkelas internasional
-
Trans
Studio Mall Bandung: pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman
-
Mega
Tower: Kantor pusat Bank Mega cabang Bandung
-
The
Trans Luxury Hotel - Hotel bintang 6
-
Ibis
Hotel Bandung - Hotel bintang 3
d)
Lingkungan
Trans
Studio dibangun pada areal seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp 2
triliun sehingga menjadikannya sebagai Kawasan hiburan terluas dan terlengkap
di Bandung.
e)
Teknologi
Teknologi
modern pun di suguhkan oleh pengelola demi kepuasan wisatawan. Teknologi yang
mendukung pengoperasian wahana ekstrim penguji adrenalin.
f)
SDM
Pariwisata
Pengelolanya
berlatar belakang menguasai teknologi modern dalam arti berkompeten dalam
bidangnya. Dan di kelola oleh pihak swasta.
g)
Sosial
Media
yang di gunakan untuk mengembangkan Trans Studio Bandung sangat beragam, mulai
dari iklan di TV, Koran, Majalah Pariwisata, Blog, Web, Twitter, dan media
sosial lainnya.
Secara
umum, Jatim Park 1 menyajikan hiburan dengan konsep edukasi / pengetahuan
nusantara. Jatim Park 1 ini berada di Outdoor sehingga wisatawan dapat
menikmati udara pegunungan yang alami sedangkan Trans Studio Bandung berada di
Indoor yang lebih menggunakan Alat pendingin.
0 komentar:
Posting Komentar