Tiwul Epilepsi😮

Halooo semangaaat pagi fansss😁😁😁

Rabu pagi ini matahari masih belum terik, masih cocok banget buat tarik selimut lagi ... Hahaha

Well hari ini Wulan mau kasih cerita tentang sakit yang wulan alami, yaa mengingat tak ada salahnya berbagi informasi tentang suatu penyakit 👌

Beberapa bulan terakhir penyakit lamanya Wulan kambuh lagi, ya mulai Februari 2016 itu kambuhnya, sebenernya sakit apa sih wul? Tiwul kenapa sih?

Eeiimm jangan terlalu banyak asumsi dulu yaa, Wulan bakal menceritakan sakitnya Wulan itu apa kok hehhe

Naah bermula dari stress dan banyak pikiran akhirnya menumpuk di dalam otak, yaa efek kurang piknik sih hehhee (duuh kasian si piknik jadi disalahkan 😁😅)

Bukan hanya itu, penyebab lainnya adalah karena gadget, huuuh Wulan rada susah untuk jauh dari gadget nih, emang sih wulan doyan main game, tapi ya kadang kurang terkendjuga sih dalam main game, sehari kalo malam minggu gitu main game bisa dari jam 8 malem sampai 3 pagi hahaha

Naah dari hasil pemeriksaan dokter, Wulan di diagnosa mengidap Vertigo of central origin ( kbelum Wulan cari tau sih, tapi kalo dari kata dokter kemarin vertigo nya Tiwul sudah kronis), Epilepsi dan Absence Seizure ( Kejang Petit Mal).

Naah apasih vertigo itu, dan seperti apa rasanya?

Duuuh jangan di tanya lagi, sakitnya nggak nguatin, sampe pengen pingsan karena saking nggak kuatnya nahan sakit.

Eh iya lupa, jadi vertigo itu adalah pusing yang berputar. Vertigo ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Dan bisa jadi berbahaya kalau kambuhnya saat sedang mengemudi.

Seperti yang Tiwul alami beberapa hari yang lalu. Lebih tepatnya Minggu 13 November 2016 Tiwul kambuh sakitnya saat posisi mengendarai sepeda motor.

Jadi ceritanya kemarin itu ada sahabatnya Tiwul yang pulang dari Bogor,minta tolong dicarikan yangko yang enak buat oleh-oleh di kantornya. Naah alhasil Tiwul pergi ke Baledono buat beli yangko kencana (sssttt sedikit bocoran ya, yangko disini fressh, enaaak, tebel pula, emang sih harganya lumayan sekitar 30rb an satu kardusnya. Tapi sepadan sama rasa dan kualitasnya😁 duuuh ngiler yangko deh ) beteweeh makasih ya Rizal untuk oleh-oleh Brownies Talas khas Bogor nya, Brownies Talas Sangkuriang pula, eeeiiimmm enyaaakkk 😘😘👌👌)

Naah selesai bayar itu si yangko, Tiwul melanjutkan perjalanan menuju Jogja, ya karena udah janjian sama Rizal, tapi ditengah jalan tiba-tiba dan mendadak sakitnya Tiwul kambuh.. (jeengjeengjeeng musik drama dikit hehe).

Tiba-tiba Wulan mengalami kejang, penglihatan kabur, mata rasanya mau njempalik alias membalik bola matanya. Itu rasanya lihat jalan udah kaya mau naik jalannya. Dan kondisnya Tiwul masih mengendarai motor, heheh bener-bener bahaya , secara tanpa wulan sadari posisi motor Wulan semakin ketengah, dan dari belakang udah di klakson banyaak sekali motor dan mobil yang mau menyalip kendaraan Wulan.

Dan akhirnya wulan berhenti di depan sebuah toko oleh-oleh,minta tolong ke penjaga toko buat menelpon sahabat Wulan, coba tebak siapa yang wulan telp??

Yuuuppp, Arum lah yang wulan telp, karena saat itu wulan berada dilokasi yang ndak jauh dari rumahnya Arum yang ada di daerah Beran, Sleman.

Dan akhirnya wulan di jemput oleh mamanya Arum, aaa terimakasih mama keduaku, sudah merawat Wulan, beliin obat Wulan di apotek juga 😘😘

Naah itu sekilas cerita kejadian mendebarkan dalam hidup Wulan, untuk aja masih bisa berhenti dan minta tolong ke orang, kalo nggak, bakal jadi berita duka 😖😖😖

Well next Wulan mau bahas soal Absence Seizure yaa, yang itu juga termasuk penyakit yang wulan idap

Jadi......

Absen kejang- juga dikenal sebagai Petit mal, melibatkan selang, singkat tiba-tiba hilang kesadaran. Absen kejang lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Seseorang memiliki adanya kejang mungkin terlihat seperti dia menatap ke luar angkasa selama beberapa detik.

Dibanding dengan jenis lain dari serangan epilepsi, kejang tanpa terlihat ringan. (Bahasanya mungkin terdengar aneh ,maaf ya wulan hanya mengutip dari sumber yang ada😁). Tapi mereka bisa berbahaya. Anak-anak dengan riwayat kejang tanpa terlihat harus diawasi dengan hati-hati saat berenang atau mandi di kolam karena bisa tenggelam. Remaja dan orang dewasa dapat dibatasi dari mengemudi dan kegiatan yang berpotensi berbahaya lainnya. (Source daftarpenyakitmanusia.blogspot.com)

Naah absen kejang biasanya dapat dikontrol dengan obat anti-kejang. Obat anti-kejang atau anti-epilepsi tidak boleh dihentikan pada pasien dimaja pemberian obat tersebut dengan tujuan untuk mencegah terjadinya Seizure yang lebih berat karena adanya kemungkinan dapat mempercepat terjadinya status epileptikus dengan adanya hipoksia dan dapat mengancam jiwa. Pada kasus individual dimana tingkat keparahan dan frekuensi Seizure sedemikian rupa sehingga penghentian obat tidak menimbulkan ancaman serius bagi pasien, penghentian obat dapat dipertimbangkan sebelum dan selama kehamilan, meskipun tidak dapat dipastikan bahwa Seizure ringan tidak berbahaya bagi embrio atau janin.
Dokter diharapkan dapat mempertimbangkan hal tersebut atau memberikan konseling kepada wanita yang menderita epilepsi dan berpotensi untuk hamil.

Huhuhu pada part ini dapat aku menyimpulkan bahwa aku bakal minum obat anti-kejang dalam jangka waktu yang lama 😭😭😭

Naah obat yang wulan peroleh dari rumah sakit adalah Valproic Acid.

Obatnya  semacam sirup, kalo dari rasanya sih manis.


Dan sejauh ini obatnya bekerja dengan baik di tubuh Wulan. Beberapa hari frekuensi kejangnya berkurang 👌👌😍

Well hari ini ceritanya sampai disini dulu yaa, tiwul mau prepare untuk ke Rumah sakit, karena hari ini ada jadwal pemeriksaan lagi, lebih tepatnya Wulan mau menjalani EEG / Brain maping di rumah sakit, semoga epilepsi nya nggak parah ya, mohon doanya semuanya..


Semangaat pagii... Happy day fannsss👌👌👋👋

0 komentar:

Posting Komentar