Permainan Bola Besar

ë PERMAINAN BOLA BESAR

1.  Sepak bola
Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan.

Sejarah

Berasal dari Inggris ( 26 Oktober 1863 berdirilah The Football Association ). Pada tanggal 21 Mei 1904, berdiri Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) atas parakarsa Guerin, seorang berkebangsaan Prancis. Di Indonesia sendiri, pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta yang diketuai oleh Ir. Soeratien Sosrosoegondo.

Tujuan Permainan

Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan ("mencetak gol").

Karakteristik

            Karakteristik permainan adalah memainkan bola dengan menggunakan kaki ataupun dengan anggota badan / tubuh kecuali tangan.

Lapangan

a.       Panjang     : 100 -110 m
b.      Lebar         : 64 – 75 m
c.       Lingkaran tengah berjari-jari : 9,15 m
d.      Daerah gawang     : 18,35 x 5,5 m
e.       Daerah tendanga hukuman : 40,32 x 16,5 m
f.       Titik tendangan hukuman : 11 m

Gawang

a.       Tinggi                                : 2,44 m
b.      Lebar                                 : 7,32 m
c.       Diameter tiang dan palang: 12cm
d.      Diameter mata jaring         : 10 cm

Bola

a.       Bahan bola                        : kulit atau bahan sejenisnya
b.      Bentuk bola                       : bulat
c.       Berat bola                          : 396 – 453 gram
d.      Keliling lingkaran bola      : 68 – 71 cm
Warna dasar harus putih dan memiliki dua warna yang kontras.

Jumlah Pemain

            Masing – masing regu terdiri dari pemain inti 11 orang , termasuk penjaga gawang dan jumlah pemain cadangan dari setiap regu paling banyak 7 orang pemain cadangan.

Wasit

            Seorang wasit yang mempunyai "wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai Peraturan Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya", dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukan.selain itu juga mereka membutuhkan alat-alat untuk membantu jalannya petandingan seperti:
  1. papan pengganti pemain
  2. meja dan kursi

Lama Permainan

            Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

Permulaan Permainan ( kick off )

            Sebelum permainan dimulai, terlebih dahulu dilakukan undian oleh kedua kapten kesebelasan. Regu yang menang undian dapat memilih tempat atau tendangan permulaan. Penendangan permulaan tidak boleh memainkan bola lebih dari satu sentuhan, sebelum bola tersebut disentuh oleh pemain lain.

Off Side

            Apabila bola yang dimainkan berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dan di belakangnya hanya terdapat penjaga gawang.

Penalty

                Dilakukan dari titk penalty yang berjarak 11 meter kearah gawang.

Hands Ball

                Jika lengannya menyentuh bola, hukuman :
a.       Tendangan bebas, bila menyentuh bola di luar daerah gawang sendiri.
b.      Tendangan penalty bila bertahan dan tangannya menyentuh bola di daerah gawangnya sendiri.
c.       Tendangan sudut dilakukan dari sudut lapangan.

2.  Basket

Permaianan bola basket termasuk jenis permainan yang kompleks gerakkannya. Artinya gerakkannya terdiri dari gabungan unsure-unsure gerak yang terkoordinasi dengan rapi, sehingga dapat dimainkan dengan baik. Agar dapat memainkan bola dengan efektif dan efisien, maka diperlukan teknik gerakan yang sempurna. Teknik gerakkan yang sempurna dapat menimbulkan efesiensi bermain dan dengan latihan yang teratur akan mendapatkan efektivitas teknik yang baik pula.

Sejarah

            Berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh James A. Naismith pada tahun 1891. Dr. James Naismith., seorang guru Olahraga asal Indonesia yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Lapangan

a.       Panjang     : 28 m

b.      Lebar         : 15 m

Bola

a.       Keliling     : 75 – 78 cm
b.      Berat         : 600 – 650 gram

Regu  dan Waktu Pertandingan

a.       Tidak lebih dari  10 orang anggota regu yang memenuhi syarat untuk bermain 2 x 20 menit.

b.      tidak lebih dari 12 anggota regu yang memenuhi syarat untuk bermain 2 x 20 menit atau untuk turnamen di mana dalam setiap regu harus bermain lebih dari 3 pertandingan.
c.       Diselingi istirahat selama 10 menit.

Gol dan Nilai

a.       Setiap bola masuk 2 point
b.      Daerah three point nilai 3 point
c.       Tembakan hukuman nilai 1 point

3.  Volley
Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Sejarah

            Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).
William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Lapangan

a.       Panjang                 : 18 m
b.      Lebar                     : 9 m
c.       Garis panjang        : 5 cm

Jaring Net

a.       Panjang                 : 9,5 m
b.      Lebar                     : 1 m
c.       Mata jaring            : 10 cm2
d.      Tinggi net putra     : 2,44 m
e.       Tinggi net putrid   : 2,43 m

Antenna

            Terbuat dari fiberglass / yang bersifat lentur dan cat berwarna belang kontras masing-masing ruas luarnya 10 cm.

a.       Panjang     : 1,80 m

b.       Lebar        : 1 cm

Bola

a.      Diameter               : 65 – 67 cm
b.      Berat                     : 250 – 280 gram
c.       Tekanan udara       : 0,48 – 0,52
d.      Banyak jalur          : 12 – 18 jalur

Jumlah Pemain dan Lama Permainan

            Terdiri dari jumlah 6 pemain inti dan 6 pemain cadangan. Ditentukan oleh set, satu set jumlah pointnya 15 / 25 point. Terjadi deuce ( just ) 14 : 14.

Macam Service

            Upaya dari seorang pemain untuk menyeberangkan bola melewati atas net yang merupakan awalan dari suatu serangan.
1 Service Atas Adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
2 Service Bawah Adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
3 Service Mengapung Adalah service atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
yang perlu diperhatikan dalam service
·         Sikap badan dan pandangan
·         Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
·         Saat kapan harus memukul Bola.
Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli

Passing

  • Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
    • Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
    • tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
    • Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
  • Passing Keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas)
    • Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
    • Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
    • Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
    • Penyentuhan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan

Smash (spike)

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . “ (2003 : 143 ) . Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli . Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan.

Membendung (Bloking)

Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Sikap memblok yang benar adalah:
a.Jongkok, bersiap untuk melompat.
b.Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
c.Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.

0 komentar:

Posting Komentar