Mengenal fungsi-fungsi dalam microsoft excel
=SUM(…)
Fungsinya                  : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh                        : Misalkan  kita  akan  menjumlahkan  dari sel H5 sampai sel
  H15
Penulisan                   : =SUM(H5:H15)

=COUNT(…)
Fungsinya                  : Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh                        : Misalkan  kita   akan   menghitung   jumlah  pegawai   yang     
  berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan                   : =COUNT(B5:B15)

=MAX(…)
Fungsinya                  : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh                        : Misalkan kita ingin  menetukan nilai terbesar dari sederetan
  sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan                   : =MAX(F1:F17)

=MIN(…)
Fungsinya                  : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh                        : Misalkan kita ingin  menentukan nilai terkecil dari sederetan
  sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan                   : =MIN(F1:F17)

=AVERAGE(…)
Fungsinya                  : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh                        : Misalkan  kita  ingin  mengetahui nilai rata-rata dari sel A11
  sampai A17
Penulisan                   :=AVERAGE(A11:A17)

=ABS(…)
Fungsinya                  : Untuk  mengubah   angka-angka   yang   ada  dalam  daftar
  argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh                        : Misalkan  kita  bermaksud  mengetahui  secara  mutlak dari
  sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan                   : =ABS(F17)

=SQRT(…)
Fungsinya                  : Untuk  menghitung  akar  dari  bilangan X. Bilangan X tidak
  boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan                   : = SQRT(25)          5

=IF(…;…;…)
Fungsinya                  : Untuk  mengecek  apakah  nilai  yang kita gunakan sebagai
  kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh                        : Misalkan  kita akan  membandingkan nilai di suatu sel yang
  berada  di  sel  F17,  tentang kriteria siswa dinyatakan lulus
  atau gagal dengan ketentuan sbb.
  Jika  nilai   rata-rata  siswa  lebih  besar  sama  dengan  60,
  maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan                   : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
  artinya  jika kolom  F17 lebih besar sama dengan 60, maka
  LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false

=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya                  : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh                        : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

=VLOOKUP
Fungsinya                  : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
  Range_lookup)

=HLOOKUP
Fungsinya                  : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
  Range_lookup)

=LEFT(…;…)
Fungsinya                  : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
  sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh                        : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
  (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan                   : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

=RIGHT(…;…)
Fungsinya                  : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
                                      sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh                        : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
  (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan                   : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

=MID(…;…;…)
Fungsinya                  : Untuk   mengambil  teks  dari  kedudukan  tertentu  dengan
  sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Contoh                        : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  baru yang ada di sel
  F17 (Februari)
Penulisan                   : =MID(F17:3:3)
Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word
 1.Menu File, Sub Menu File
ü  New                :Membuka dockument baru yang masih kosong
ü  Open               :Membuka file dokumen yang telah disimpan
ü  Close               :Menutup dokumen
ü  Save                :Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
ü  Save As           :Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
ü  Save as Web page     :           Menyimpan dalam format file web page
ü  Seacrh           :           Mencari teks tertentu dari suatu file
ü  Versions        :           Untuk mengetahui versi Ms. Word
ü  Web page Preview     :           Melihat tampilan dokumen dalam format web page
ü  Page setup     :           Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
ü  Print Preview             :           Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
ü  Print   :           Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
ü  Send to          :           Mengirim dokumen melalui e-mail
ü  Propertise      :           Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
ü  Exit    :           menutup program Ms. Word
ü  E-Mail : Perintah untuk membuat e-mail
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
ü  Undo             :           Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
ü  Repeat atau Redo      :           Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
ü  Cut    :           Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
ü  Copy             :           Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
ü  Office Clipboard        :           Membuka isi clipboard
ü  Paste             :           Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
ü  Paste Spesial :           Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada                                        dengan format yang berbeda
ü  Paste Hyperlink          :           Menempatkan teks sebagai hyperlink
ü  Clear             :           Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments),                   isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
ü  Select All       :           Untuk memblok semua isi dokumen
ü  Find       :           Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
ü  Replace         :           Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
ü  Go To            :           Menuju ke halaman
ü  Links             :           Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
ü  Object           :           Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word


3. Menu View, Sub Menu View
• Normal          :           Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout    :           Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout     :           Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline           :           Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane      :           Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars        :           Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler :           Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks :  Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines        :           Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map        :           Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer           :           Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes      :           Melihat catatan hasil footnote
• Mark up        :           Menampilkan toollbar markup
• Full Screen     :           Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom             :           Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar



4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break            :           Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers           :           Memberi nomor halaman
• Date and time             :           Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext         :           Menyisipkan kata
• Field :           Menyisipkan field
• Symbol          :           Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment       :  Menyisipkan komentar
• Reference      :           Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component       :           Menyisipkan komponen dari web
• Picture           :           Menyisipkan gambar
• Diagram         :           Menyisipkan diagram
• Text Box        :           Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam                     dokumen aktif
• File    :           Menampilkan toollbar markup
• Object           :           Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark     :           Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam                      dokumen
• Hyperlink       :           Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)



5. Menu Format, Sub Menu Format

ü  Font     :           Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
ü  Paragraph         :           Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
ü  Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
ü  Borders and Shading    :           Memberikan bingkai dan arsiran
ü  Columns           :           Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
ü  Tabs     :           Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
ü  Drop Cap         :           Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
ü  Text Direction   :           Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
ü  Change Case    :           Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
ü  Fit Text            :           Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
ü  Background      :           Memberi warna latar belakang pada dokumen
ü  Theme :           Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
ü  Frames             :           membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan                      menempatkannya sebelah kiri frame
ü  Autoformat       :           Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
ü  Style and Formating      :           Mengubah style dan format
ü  Reveal Formating          :           Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk                                    menentukan format suatu teks
ü  Object :           Memformat suatu objek


6. Menu Tools, Sub Menu Tools
ü  Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
ü  Language       :           menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
ü  Word Count :           Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf,                 dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
ü  Autosummarize          :           Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen –                      aktif
ü  Speech          :           Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya –
ü  Track Changes           :           Menandai teks yang baru diubah sisinya –
ü  Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif                                      dokumen lainnya –
ü  Protect Document      :           Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
ü  Online Collaboration :           mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
ü  Letters and Mailings   :           Memuat surat melalui fasilitas wizard –
ü  Macro           :           Membuat dan menghapus macro sendiri –
ü  Template and add-ins             :           Mengatur tampilan template –
ü  AutoCorrect Options             :           Memperbaiki teks secara otomatis –
ü  Customize      :           Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar                        sesuai keinginan –
ü  Options          :           Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit,  Print, Save,             User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling &                                   Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
ü  Draw Table    :           Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
ü  Insert             :           Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
ü  Delete            :           Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
ü  Select            :           Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
ü  Merge Cells   :           Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
ü  Split Cells      :           Memecah sel menjadi beberapa sel
ü  Split Table     :           Memecah tabel menjadi beberapa tabel
ü  Table AutoFormat      :           Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
ü  AutoFit          :           Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
ü  Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
ü  Convert         :           Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
ü  Sort   :           Mengurutkan data atau teks
ü  Formula         :           Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
ü  Hide Gridlines            :           Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
ü  Table Propertise         :           Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window            :           Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All    :           Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat                     seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split   :           membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang                   berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan


9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help                         :  Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant       :  Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web                              :  Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi                              Ms. Office melalaui internet
- Activate Product                                :  Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair                              :  Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word                      :  Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan                            


HOTKEYS YANG SERING DIGUNAKAN
Hotkeys Kegunaan
Ctrl + C Copy
Ctrl + V Paste
Ctrl + X Cut
Ctrl + B Bold
Ctrl + I Italic
Ctrl + U Underline
Ctrl + O Open
Ctrl + S Save
Ctrl + P Print
Ctrl + Z Undo
Ctrl + Y Redo
Ctrl + A Select All
Ctrl + F1 Task Pane







0 komentar:

Posting Komentar