KKPI/ TIK


1.      Yang dimaksud dengan :
·         Desktop : adalah bagian komputer yang berada pada saat anda memulai berkerja pada komputer anda.Biasanya desktop dipenuhi oleh ikon-ikon dan digunakan untuk mempercantik tampilan utama komputer anda.
·         Icon : juga disebut simbol, ialah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer ataupun berkas komputer dalam pengelola berkas sebuah sistem operasi. Dibuat melalui manipulasi langsung atas simbol, sering ditunjuk melalui tetikus, sehingga pengguna dapat menjalankan fungsinya dengan menggerakkan tetikus tersebut, melihat informasi atau menghapus berkas itu.
·         Folder : adalah sebuah icon yang bentuknya menyerupai tas/koper. Folder sama artinya dengan Directory dalam DOS, dan fungsinya juga sama untuk menyimpan dan mengorganisasikan file.
·         Stabilizer : merupakan alat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik.
·         UPS(Uninterruptible Power Supply): Adalah perangkat yang biasanya menggunakan batterai cadangan sebagai power alternatif, untuk dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang.
2.      Fungsi dari Control Panel adalah mengatur dan mengelola Hardware yang terpasang dalam sebuah perangkat. Berikut ini beberapa icon pada Control Panel dalam Windows XP :
·         Accessibility Option berfungsi sebagai pengatur kerja computer. Untuk mengatur settingan display dan mobilitas.
·         Game Controller : Menambah, menghapus dan mengkonfigurasi control game, seperti joystick and gamepad.
·         Mouse : Mengatur setting mouse seperti konfigurasi tombol, kecepatan double klik, pointer mouse dan kecepatan gerakan mouse.
·         Regional and Language Options : Mengatur settingan untuk tampilan bahasa, angka, waktu dan tanggal. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut.
·         Scheduled Tasks : Mengatur jadwal computer untuk dijalankan secara otomatis.
·         Security Center : Untuk melihat status dari keamanan yang ada dan settingan untuk akses-akses penting
·         Speech : mengubah settingan untuk kalimat menjadi suara atau pengenalan suara (jika terinstal).Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut.
·         User Accounts : Mengubah setting akun pengguna dan password untuk orang yang berbagi computer
·         Taskbar and Start Menu : Mengatur start menu dan taskbar seperti mengatur berapa jumlah item yang akan ditampilkan dan bagaimana seharusnya ditampilkan.
·         Power Options : Mengatur settingan energi simpanan untuk computer. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut.
·         Printer and Faxes : Untuk menampilkan printer yang terinstall dan printer fax dan membantu untuk menambah baru.
·         Network Connections : Untuk mengoneksikan ke computer lain, jaringan dan internet.
·         Mail : Profile Microsofts Outlook. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut
·         Font : Menambah, mengubah dan memanage huruf-huruf di computer.Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, untuk menambah huruf, anda tinggal copy-paste saja huruf-huruf yang ingin anda masukkan.
·         Folder Options : Folder options berfungsi untuk mengatur tampilan dari file dan folder, mengubah asosiasi file, dan membuat file-file jaringan tersedia secara offline. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, jika ingin menampilkan file/folder tersembunyi, kemudian pilih tab menu View, pada bagian Hidden Files and Folders, dan pilih Show Hidden Files and Folders. Pilih OK.
·         Display : Mengubah tampilan di desktop, seperti background, secreen saver, warna, ukuran huruf dan resolusi layer.Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting sesuai dengan keinginan.
·         Date and Time : Mengatur tanggal, waktu dan zona waktu untuk computer.Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting tanggal dan waktu sesuai dengan keinginan.
·         Add or Remove Program : Install atau menghapus program dan komponen windows. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian pilih program yang ingin dihapus dari computer, bila setuju tekan tombol Cahnge/Remove
·         Automatic Update : Mengatur windows untuk menerima update yang penting secara otomatis. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut, kemudian setting sesuai dengan keinginan.
·         Internet Options : Mengatur tampilan internet dan setting koneksi. Cara menjalankan program: klik dua kali pada ikon tersebut.
·         Keyboard : Berfungsi untuk mengatur setting keyboard seperti rasio kedip kursor dan rasio pengulangan karakter.
·         Scanners and Cameras : berfungsi untuk menambah, menghapus dan mengkonfigurasi scanner dan kamera.
·         Sounds and Audio Devices : Berfungsi untuk mengubah skema suara untuk computer atau mengkonfigurasi settingan untuk speaker dan alat rekam.
·         System : Untuk melihat informasi tentang system computer dan mengubah setting perangkat keras, performanya dan update otomatis
·         Windows Firewall : Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Secara fundamental, firewall dapat mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan, melakukan autentikasi terhadap akses, melindungi sumber daya dalam jaringan privat, mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator.
3.      Cara mematikan komputer yang benar adalah dengan fasilitas Shutdown, dan pada Sistem Operasi Window, secara gampang yaitu kita dapat klik tombol start kemudian klik shutdown. Komputer anda akan OFF setelah beberapa waktu.
4.      Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
5.      Fungsi Explorer sama seperti fungsi Explorer di Microsoft Windows 9.x dan Windows 2000. Hanya Explorer yang disediakan Microsoft Windows XP jauh lebih sempurna. Explorer yang disediakan Windows XP dapat diartikan sebagai sarana untuk menuju suatu tempat, misalnya folder, direktori, file atau aplikasi dengan cepat, singkat dan tepat. Selain itu Explorer ini dapat digunakan sebagai fasilitas untuk mengatur folder, file dan sebagainya.
6.      Yang dimaksud dengan Drag and Drop adalah sebuah istilah yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Tarik dan Letakkan. Yang dimaksud dengan istilah Drag and Drop adalah kegiatan memilih suatu obyek menggunakan mouse dengan cara mengklik objek lalu menekan tombol mouse sebelah kiri untuk memindahkan objek ke lokasi baru dan kemudian meletakkan obyek tersebut di lokasi tersebut.  Kegiatan menekan mouse sebelah kiri dan menariknya ke lokasi baru di sebut dengan istilah Drag. Sedangkan meletakan objek di lokasi baru tersebut di sebut Drop. Contoh kegiatan Drag and Drop yang biasanya dilakukan adalah saat kita mensetting header page di Facebook. Setelah kita mengupload foto header biasanya ada perintah drag and drop picture sesuai selera.
7.      Langkah – langkah meng-copy beberapa file ke folder MyDocument
Cara 1
1.         Dari windows explorer, arahkan kursor ke folder yang berisi file – file yang akan di-copy. Selanjutnya klik kiri folder tersebut sehingga file – file dalam folder tersebut terlihat di windows sebelah kanan.
2.         Klik salah satu file yang akan di-copy, selanjutnya klik tombol Ctrl, dan pilih file – file yang lain dengan meng-klik-nya satu per satu (tombol Ctrl tidak dilepas). Sehingga file – file yang terpilih akan ter-blok. 
3.         Pilih menu Edit à Copy.
4.         Arahkan kursor ke folder My Document.                
5.         Klik menu Edit à Paste
Cara 2
1.         Dari windows explorer, arahkan kursor ke folder yang berisi file – file yang akan di-copy. Selanjutnya klik kiri folder tersebut sehingga file – file dalam folder tersebut terlihat di windows sebelah kanan.
2.         Klik salah satu file yang akan di-copy, selanjutnya klik tombol Ctrl, dan pilih file – file yang lain dengan meng-klik-nya satu per satu (tombol Ctrl tidak dilepas). Sehingga file – file yang terpilih akan ter-blok. 
3.         Klik kanan pada salah satu file yang ter-blok à Copy
4.         Arahkan kursor ke folder My Document.-> Klik kanan à Paste                
Cara 3
1.         Dari windows explorer, arahkan kursor ke folder yang berisi file – file yang akan di-copy. Selanjutnya klik kiri folder tersebut sehingga file – file dalam folder tersebut terlihat di windows sebelah kanan.
2.         Klik salah satu file yang akan di-copy, selanjutnya klik tombol Ctrl, dan pilih file – file yang lain dengan meng-klik-nya satu per satu (tombol Ctrl tidak dilepas). Sehingga file – file yang terpilih akan ter-blok. 
3.         Klik kanan salah satu file yang ter-blok à Send To à My Documents
Cara yang paling efektif adlah cara ke 3
8.      Screensaver adalah jenis program komputer yang pada awalnya dirancang untuk mencegah fosfor burn-in pada CRT dan plasma monitor komputer dengan blanking layar atau mengisi dengan bergerak gambar atau pola ketika komputer tidak digunakan. Screensaver kontemporer digunakan terutama untuk hiburan, keamanan, atau untuk menampilkan informasi status sistem.
9.      Yang dimaksud dengan :
a)      Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
b)      Software / perangkat lunak,  adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.
c)      Brainware (User) adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
10.  Untuk menghubungkan perangkat input dan perangkat output ke komputer dengan menghubungkan kabel ke port yang ada di komputer sebagai berikut.berikut ini adalah port – port yang digunakan untuk menghubungkan konektor peripheral ke komputer.
a)      PORT PS / 2
Port ini berbentuk bulat biasanya digunakan untuk mouse ball atau optical dan keyboard yang digunakan berbasis port PS / 2
b)      Port paralel
Port paralel [ L P T ] biasa digunakan untuk printer atau joystick yang masih menggunakan kabel paralel
c)      Port serial 
sebuah port pada komputer yang mentrasmisikan satu bit informasi pada satu waktu lawan dari serial port adalah paralel port
d)     Port VGA
hanya ada pada bagian motherboard dengan onboard VGA
e)      Port USB
port USB 1.1/usb 2.o ( Universal Serial Bus ) karena bersifat universal maka port ini dapat digunakan untuk semua hardware seperti mouse,keyboard,printer,dan lain lain.

 thanks buat adikku (Rahmadi Aji Kurniawan-SMK Penerbangan AAG Adisutjipto) tercinta yg mau tugasnya di share :)

0 komentar:

Posting Komentar