CONTOH VIRTUAL TRIP : SINGAPURA – MALAYSIA – THAILAND DALAM 5 HARI 4 MALAM


BAGI SIAPAPUN YANG MENGCOPY TUGAS INI, HARAP BERSADAR DIRI UNTUK MENCANTUMKAN WEB INI DALAM DAFTAR PUSTAKA ANDA. JIKA TIDAK, NILAI ANDA TIDAK AKAN BAROKAH!!!!!


Purwani Ramadhani Wulansari
02335
Kepariwisataan A
Tugas Geografi Pariwisata Internasional I
VIRTUAL TRIP : SINGAPURA – MALAYSIA – THAILAND DALAM 5 HARI 4 MALAM
Senin 28 Oktober 2013 , berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Bandara Changi Singapura pada pukul 07.25 WIB dan tiba pukul 10.45 dengan Air Asia seharga Rp. 958.000.
-          Pukul 11.00 waktu Singapura, jalan-jalan di Orchard Road menggunakan MRT. Dari Bandara Changi menuju ke Stasiun MRT di terminal 2, naik kereta jurusan Tanah Merah, turun di Tanah Merah, pindah ke kereta jurusan Joo Koon, turun di City Hall, pindah kereta jalur merah ke jurusan Jurong East, kemudian turun di Stasiun Orchard. Saat naik MRT tiketnya cukup menggunakan STP senilai kurang lebih $10 selama seharian penuh.
-          13.00-15.00 Universal Studio Singapore. Memang Anda harus merogoh kocek sekitar S$74 jika bermaksud untuk berwisata ke Universal Studios Singapore dan menikmati segala fasilitas dan permainan yang ada di dalam taman hiburan ini. Namun jika Anda hanya ingin berfoto di depan bola dunia yang berputar dan menjadi ikon Universal Studios, tinggal mengunjungi area bagian luarnya saja, dimana lambang Universal Studios ini berada. Biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk naik monorail atau dari mal Vivo City ke Universal Studios, hanya S$3.5 saja (PP). Untuk monorail, selain bisa beli tiket di dekat pintu masuk ke stasiunnya, Anda juga bisa dengan mudah memakai kartu EZ-Link untuk membayar langsung di pintu masuk sstasiun, seperti saat menggunakan MRT.
-          15.00-17.00 Henderson Waves. Dari HarbourFront MRT Station, keluar melalui Exit C mall tersebut dan menuju ke tempat pemberhentian bus yang ada diluar gedung. Kemudian naik bus nomor 131 dan 145. Dari Harbour Front bus akan melewati beberapa tempat pemberhentian dan setelah berbelok ke Henderson road, turun di pemberhentian bus kedua.
-          17.00-20.00 Merlion Park dan Marina bay Sands.
a.       Ke Merlion Park
Naik MRT ke Raffles Place, kemudian jalan menuju Singapore River dan belok kanan ke arah Fullerton Hotel. Kemudian menyeberangi Fullerton Roda turun ke jalannan di sisi Sungai.
b.      Ke Marina Bay Sands
Berjalan kaki. Di bagian luar mall Marina Bay Sands terdapat sebuah jembatan pejalan kaki yang panjangnya sekitar 280 meter dengan desain melingkar unik dan merupakan jembatan terpanjang di Singapura.
-          Perjalanan ke bandara Changi dari Marina Bay Sands menggunakan MRT tujuan Tanah Merah.
-          Dari Singapore berangkat pukul 21.45 menggunakan pesawat Air Asia seharga Rp. 365.000, dan tiba di Kuala Lumpur Malaysia pukul 22.50.
-          Setiba di Kuala Lumpur langsung menuju ke Zass Hotel di Jalan Pudu, Pudu, 55100 Kuala Lumpur. Harga kamar standart kurang lebih Rp. 261.711.
Selasa 29 Oktober 2013
-          Pukul 07.00 berrangkat menuju ke Petronas Twin Towers. Kuala Lumpur merupakan sebuah pusat kebudayaan Malaysia. Di kota ini ada sebuah Menara Kembar Petronas. Dengan ketinggian 88 lantai, gedung ini merupakan bangunan kembar yang tertinggi di dunia dan juga merupakan visi arsitektur modern.
-          Pukul 09.00 National Zoo KL
-          Pukul 11.00 Jalan Jonker
Jalan Jonker atau Jonker Street di kota Melaka tak boleh terlewat dari agendamu saat berkunjung ke Malaysia. Dikelilingi oleh pertokoan, restoran, kafe, bar dan kios-kios pinggir jalan, Jalan Jonker dipadati oleh wisatawan di akhir pekan. Pada hari-hari biasa, jalan ini lebih sepi dan nyaman untuk disatroni. Jalan Jonker merupakan tempat yang tepat untuk belanja murah dan mencicipi berbagai kuliner khas Malaysia.
-          Pukul 13.00 Bintang Walk. Sepintas, Bukit Bintang di Kuala Lumpur Malaysia memang mirip seperti kompleks mal besar. Betapa tidak, di sepanjang jalan Anda bisa melihat mal besar berdiri tegak di sana, seperti Pavilion dan Fahrenheit. Di dalam mal-mal besar ini Anda bisa melihat aneka barang bermerek yang dijual di sana. Anda pun bebas memilih sesuai dengan keinginan. Bukit Bintang bukan sekadar tempat yang dipenuhi dengan beragam mal besar, tetapi juga aneka pedagang kaki lima yang menjual aneka pernak-pernik khas Malaysia. Di sinilah tempat para pelancong, terutama dari Indonesia, membelanjakan uangnya untuk suvenir.
-          Check out dari hotel. Sebenarnya dari Kuala Lumpur banyak Bus menuju Penang dan waktunya lebih cepat dan langsung turun tidak jauh dari Komtar. Waktunya cuma 7-8 jam dari KL ke Penang. Bus kita bisa dapatkan di Stasiun Puduraya. Naik kerata api siang dari KL Sentral jam 14.00 sore dan tiba di Butterworth jam 21.00 malam.
Rabu , 30 oktober 2013

-          Menginap di Aroma Hotel, Butterworth, Penang

-          Pukul 07.00 Tropical Spice Garden Penang

Atau taman rempah-rempah. Kebun ini memang sesuai dengan namanya dimana didalamnya menawarkan berbagai jenis tanaman rempah yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Penjelajahan didalam area taman dibuat dengan format yang sangat menyenangkan. Ketika mengunjungi Spice Garden ini maka Anda akan menjumpai adanya tiga petilasan yakni Jungle Trail, Ornamental Trail dan juga Spice Trail. Tiket masuknya dibagi menjadi dua tipe yakni tanpa pemandu dan dengan menggunakan jasa pemandu berbiaya RM25 untuk dewasa dan RM15 untuk anak-anak. Tropical Spice Garden berada di Jalan Teluk Bahang, Penang, Malaysia.

-          Pukul 10.00 Sungai Pandan Waterfall

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung seperti trekking ke seantero Hutan Lipur, nature walk, observasi, flying fox, fotografi dan lainnya. Kegiatan trekking biasanya menjadi favorit pengunjung dan memang sudah ada treknya. Mereka yang datang kesini hanya perlu membayar biaya masuk RM1 saja. Sedangkan bagi anak-anak setengahnya.

-          Pukul 12.30 Masjid Negeri Kuantan

Masjid Negeri Kuantan berlokasi di Jalan Masjid, Kompleks Kerajaan Negeri Penang, 25150 Kuantan, Malaysia.

-          Kembali ke hotel dan check out .
-         Malaysia berbatasan langsung dengan Thailand, perjalanan ke kota HatYai kami lakukan dari Penang pukul 14.00. Bus van berkapasitas 10 orang dari Penang berangkat dari stasiun (kantor travel) mereka di Komtar (Prangin Plaza), dengan biaya dari Penang ke HatYai adalah RM 60 per orang pergi-pulang. Perjalanan ditempuh dalam waktu 4,5 jam, melewati Penang bridge ke daratan Malaysia dan Highway (jalan tol) sampai ke perbatasan Malaysia - Thailand. Setelah pemeriksaan paspor di perbatasan masih dibutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai di HatYai. Selama di wilayah Thailand hanya sekali dilakukan pemeriksaan oleh tentara bersenjata lengkap di jalan.
-          Pukul 19.00 check in di Regency hotel terletak di pusat kota Hatyai, di dekat hotel ada pasar murah yang menjual berbagai jam tangan imitasi, tas-tas dan kaos-kaos yang berkualitas dan murah. Seperti biasa harus dilakukan tawar menawar s/d 40% harga penawaran awal.
-          Pukul 20.00 berwisata kuliner di sekitar Regency Hotel. Seperti halnya Penang maka di Hat Yai pun penuh dengan tempat makan di sepanjang jalan dengan meja-mejanya di tempat terbuka maupun dalam ruangan, menu yang paling umum adalah mie sop sejenis wanton mie (Baht 30), tom yam (Baht 100), dan bakutai (sop jeroan babi). Minuman standar adalah teh tarik - teh susu (Baht 40), kopi susu dan berbagai jenis cendol. Mereka buka sejak jam 7 pagi untuk sarapan sampai dengan malam hari.
Kamis 31 Oktober 2013
-          Pukul 08.00 kuil Wat Hatyai Nai dengan patung Budha berbaring ketiga terbesar di dunia dengan ongkos Baht 500 menggunakan Tuktuk dari hotel. Untuk masuk ke kuil tidak dikenakan biaya, hanya disediakan guci besar untuk memberikan koin donasi. Tuktuk adalah kendaraan carteran yang bentuknya seperti sudako terbuka di Medan, supir-supir Tuktuk menawarkan jasa mereka di dekat hotel dengan bahasa Inggris sekenanya. Banyak juga diantara mereka yang bisa berbahasa Melayu.
-          Pukul 10.00 Pantai Samila
Pantai dengan pasir putih ini sangatlah bersih dengan ombak yang tenang. Di pantai ini terdapat patung putri duyung berwarna emas. Awalnya, pantai ini tidak ada patung putri duyung, hingga akhirnya di tahun 1966, seorang seniman dari Bangkok membuat patung yang terbuat dari perunggu dan dicat warna emas. Banyak wisatawan termasuk kami berdua berfoto di patung ini. Akhirnya, patung putri duyung ini menjadi ikon pantai Samila.
-          Pukul 12.30 check out dari hotel , melanjutkan perjalan ke Phuket dengan mini van. Perjalanan kurang lebih 8 jam perjalanan.
-          Sampai di Phuket jam 7 malam , langsung check in di Phuket Backpacker Hostel. Dan beristirahat di sana . harga sekitar 500bath/malam atau sekitar 140.000.
Jum’at 1 November 2013
-          Pukul 07.00  Kuil Wat Chalong
Kuil yang buka setiap hari ini memiliki Poh Than Jao Wat, yaitu patung Budha utama yang terletak di aula sayap barat. DI dalam aula yang sama terdapat pula patung lain bernama Nonsi. Kedua patung ini dikenal akan memberikan keberuntungan bagi siapapun yang berdoa. Sementara di aula yang lain, terdapat patung Budha yang biasa disebut dengan Luang Poh Chuang and Luang Poh Gleum.
-          Pukul 09.00 Phiphi Island
Gugusan pulau-pulau di Phi Phi Islands memang menakjubkan. Pulau-pulaunya memiliki tebing terjal, mirip dengan pulau dalam film KingKong, laut pun masih bersih dan jernih.
-          Pukul 10.00 ke bandara Phuket untuk pulang ke Yogyakarta Indonesia, tiba di Yogyakarta pukul 17.30 WIB



0 komentar:

Posting Komentar