DAYA TARIK WISATA YANG ADA DI INDIA


DAYA TARIK WISATA YANG ADA DI INDIA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
 Seiring besarnya minat wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat indah dan menarik banyak sekali promosi mengenai daya tarik wisata di setiap negaranya. Di benua Asia khususnya menyimpan banyak sekali daya tarik wisata di setiap negara yang ada.
Tak terkecuali India, negara di Benua Asia yang menyimpan banyak sekali daya tarik wisata yang layak untuk di perkenalkan kepada dunia internasional. Daya tarik wisata yang di miliki sangat beragam. Mulai dari budaya, kehidupan masyarakatnya, kuliner atau makanan dan minuman khas, serta pemandangan alam yang masih indah. Sehingga negara India layak untuk di ketahui dan dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

B. Rumusan Masalah
1. Apakah definisi daya tarik wisata ?
2. Bagaimana perkembangan daya tarik wisata di India ?
3. Apa saja jenis-jenis daya tarik wisata di India ?

C. Pemecahan Masalah
1. Definisi Daya Tarik Wisata
2. Sejarah dan Perkembangan Pariwisata di India
3. Jenis-Jenis Daya Tarik Wisata di India

D. Maksud dan Tujuan
Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :
1. Melatih mahasiswa untuk membuat karya tulis ilmiah dengan data-data yang tepat.
2. Memberikan informasi kepada masyarakat khususnya Mahasiswa D3 Kepariwisatan UGM tentang Daya Tarik Wisata di India.
3. Untuk mengetahui sejarah dan perkembangan sektor pariwisata di India.
4. Melihat India dari sudut pandang yang berbeda.



BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Daya Tarik Wisata
Daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan

Daerah tujuan wisata atau Destinasi Pariwisata adalah kawasan geografis yang berada dalam satu atau atau lebih wilayah administrasi yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata.

B. Sejarah dan Perkembangan Pariwisata di India
Industri pariwisata dari India secara ekonomi penting dan tumbuh dengan cepat . The World Travel & Tourism Council menghitung bahwa pariwisata dihasilkan INR6.4 triliun atau 6,6 % dari PDB nasional pada tahun 2012 . Ini didukung 39,5 juta lapangan kerja , 7,7 % dari total lapangan kerjanya. Sektor ini diperkirakan tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 7,9 % 2013-2023. Ini memberikan India peringkat ketiga di antara negara-negara dengan industri pariwisata yang tumbuh paling cepat selama dekade berikutnya. India memiliki pariwisata medis besar sektor yang diperkirakan akan tumbuh pada tingkat estimasi 30 % per tahun akan mencapai sekitar 95 miliar pada tahun 2015 .
Menurut statistik sementara 6.290.000 wisatawan asing tiba di India pada tahun 2011, meningkat 8,9 % dari 5.780.000 pada tahun 2010. Ini peringkat India sebagai negara ke-38 di dunia dalam hal kedatangan wisatawan asing. Kunjungan wisatawan domestik ke semua negara dan Uni Wilayah berjumlah 850.860.000. Negara yang paling mewakili adalah Amerika Serikat ( 16 % ) dan Inggris ( 12,6 % ). Pada tahun 2011 Maharashtra, Tamil Nadu dan Delhi adalah negara yang paling populer bagi wisatawan asing. Wisatawan domestik mengunjungi negara Uttar Pradesh, Andhra Pradesh dan Tamil Nadu paling sering. Chennai, Delhi, Mumbai dan Agra telah empat kota yang paling banyak dikunjungi di India oleh wisatawan asing selama tahun 2011. Di seluruh dunia, Chennai berada di peringkat 41 dengan jumlah wisatawan asing, sedangkan Delhi berada di peringkat 50, Mumbai pada 57 dan Agra pada 65 dan Kolkata di 99.
The Travel & Tourism Competitiveness Report 2013 peringkat ke-65 India dari 144 negara secara keseluruha . Laporan ini peringkat daya saing harga pariwisata ke-20 sektor India dari 144 negara. Ia menyebutkan bahwa India memiliki transportasi udara cukup baik ( peringkat ke-39 ), terutama mengingat panggung negara pembangunan, dan infrastruktur transportasi darat yang wajar ( peringkat ke-42 ). Beberapa aspek lain dari infrastruktur pariwisatanya tetap agak terbelakang namun. Bangsa ini memiliki sangat sedikit kamar hotel per kapita dengan perbandingan internasional dan penetrasi ATM rendah. Sesuai dengan Barometer UNWTO Pariwisata Dunia, Desember 2013, peringkat India dalam Pariwisata Dunia Penerimaan selama 2012 adalah 16 dan peringkat dalam kedatangan wisatawan internasional adalah 41. Rank dari India adalah 7 di antara Asia dan Pasifik dalam hal penerimaan pariwisata selama 2012.
Kementerian Pariwisata merancang kebijakan nasional untuk pengembangan dan promosi pariwisata. Dalam proses ini, Kementerian berkonsultasi dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lain di sektor ini termasuk berbagai Central Kementerian/lembaga, pemerintah negara bagian, Uni Territories dan perwakilan dari sektor swasta. Upaya bersama yang dilakukan untuk mempromosikan bentuk-bentuk baru pariwisata seperti pedesaan, cruise, medis dan ekowisata. Kementerian juga mempertahankan kampanye Incredible India .
Sejarah yang kaya India dan keragaman budaya dan geografis membuat daya tarik pariwisata internasional yang besar dan beragam . Hal ini menyajikan warisan dan wisata budaya bersama dengan medis, bisnis , pendidikan dan pariwisata olahraga .

C. Jenis-jenis Wisata di India
1.      Wisata Sejarah
a.      Agra (The Taj City)
Agra merupakan peninggalan sejarah yang sekarang dilindungi oleh UNESCO,tempat bersejarah ini terletak di tepi sungai Yamuna yakni hanya berjarak 200 km dari Ibukota Agra.Tempat ini merupakaan peninggalan dari Kekaisaran Mughal salah satu kerajaan terbesar di India kalah itu. Arsitekturnya yang tak kalah menarik dengan Taj Mahal,akan terasa kurang ketika tidak berkunjung di tempat ini. Selain itu juga ada  Agra Fort, Itmad-Ud-Daulah’s Tomb, Fatehpur Sikri dan  Jama Masjid. Anda bahkan dapat pergi untuk sekedar berbelanja pernak pernik perhiasaan untuk oleh oleh keluarga Anda. Agra merupakan tempat paling bersejarah dan merupakan wisata alam yang wajib di kunjungi di India.
b.      Benteng Amber
Benteng Amber yang terletak di kota Amer merupakan salah satu tujuan wisata utama di wilayah Jaipur, India. Objek wisata ini berupa benteng yang mengelilingi sebuah istana megah dengan gaya arsitektur khas India. Karena itulah Benteng Amber juga dikenal dengan sebutan Istana Amber. Benteng yang dikelilingi oleh sungai dan pepohonan hijau ini dulunya merupakan kediaman dari Maharaja Rajput dan keluarganya. Kini, Benteng Amber menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di India yang dikunjungi oleh sekitar 5.000 wisatawan setiap harinya.
c.       Benteng Mehrangarh
Setelah Jaipur, kita beralih ke Jodhpur. Di kawasan ini, terdapat benteng fenomenal lainnya yang dikenal dengan nama Benteng Mehrangarh. Terletak di atas bukit dengan ketinggian 122 meter di atas perkotaan di bawahnya, Benteng Mehrangarh tampak mencolok dan mengesankan. Di dalam sisi benteng, terdapat istana indah dengan halaman yang luas dan dinding yang penuh dengan ukiran bernilai seni tinggi. Keunikan Benteng Mehrangarh terekam dalam beberapa adegan film box office The Dark Knight Rises yang dirilis pada tahun 2012.
d.      Istana Kota Udaipur
Terakhir, objek wisata terpopuler di India adalah Istana Kota Udaipur. Berlokasi di tepi sungai Pichola di Udaipur, Rajahstan, Istana Udaipur dibangun oleh Maharaja Udai Singh pada tahun 1559. Istana Udaipur tampak semarak dan cemerlang dengan mengusung kombinasi desain khas Rajahstan dan Mughal. Dari kota Udaipur, Istana Udaipur membentuk pemandangan yang impresif karena terletak di atas bukit. Di malam hari, Istana yang pernah menjadi lokasi syuting film James Bond ini membentuk bayangan cantik berwarna keemasan yang terpantul di perairan sungai.
e.       Golden Fort Jaisalmer
Golden Fort atau Benteng Emas di Jaisalmer adalah salah satu objek wisata populer di India yang berlokasi di jantung Gurun Thar yang luas di Rajasthan. Benteng ini merupakan benteng tertua yang ada di India dan paling banyak menarik wisatawan. Menariknya seperempat penduduk yang ada di Jaisalmer tinggal di dalam kompleks benteng. Benteng ini juga disebut Sonar Kila atau Jaisalmer Durg. Di dalam kawasan benteng ini terdapat beberapa kuil istana dan havelis.

2.      Wisata Alam
a.      Darjeeling (Tourists Paradise)
Tempat ini terletak di wilayah Bengal Barat. Darjeeling terkenal dengan pemandangan yang indah di Kanchenjunga yang merupakan puncak tertinggi ketiga di India,yang dikelilingi dengan keindahan alam dan perkebunan teh hijau.Ketika anda berkunjung disini anda juga wajib mengunjungi bukit Harimau(Tiger Hill) karena memberikan pemandangan matahari terbit yang indah,selain itu juga terdapat candi  Mahakal, Himalaya Zoo, sebuah Biara dan Taman Nasional Singalila.Tempat ini juga menawarkan bersepeda digunung dan berbagai jalur pilihan untuk para pecandu pertualangan.Tambahan di sana Anda juga dapat menikmati keindahan Darjeling dengan menggunakan sebuah Kereta tua yang akan memberi pengalaman baru dan kesenangan baru untuk Anda.
b.      Manali
Manali adalah tujuan wisata yang tepat untuk pasangan yang ingin menghabiskan momen bulan madu di India. Destinasi romantis yang terletak di Pegunungan Himachal Pradesh ini memang tak diragukan lagi keindahan alamnya. Manali yang diselimuti hawa dingin pegunungan berada pada ketinggian 2.050 meter di atas Lembah Sungai Beas – terletak di Pegunungan Himachal Pradesh, dekat ujung utara Lembah Kullu.
c.       Pantai Kovalam
Pantai Kovalam di Kerala memiliki tiga daerah pantai yakni Mercusuar, Hawah dan Pantai Samudra. Disini, wisatawan bisa menghabiskan waktu romantis bersama pasangan dengan melihat indahnya matahari terbit dan terbenam. Suasana pantai yang tenang dan sangat asri juga membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.
d.      Pantai Vegator
Pantai Vegator merupakan salah satu pantai yang memiliki lanskap indah di Goa Utara, India. Wisatawan bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dengan berjalan santai meyusuri pantai atau melakukan makan malam romantis di kafe pinggiran Vegator.
e.       Kashmir
Kashmir Jammu dan Kashmir sering disebut sebagai surga di bumi. Destinasi romantis yang memiliki medan berbukit dan udara yang dingin ini menjadi tempat yang wajib wisatawan kunjungi saat berlibur ke India. Lanskap alam yang indah membuat momen liburan bersama pasangan menjadi lebih hangat dan romantis, khususnya bagi mereka yang suka hiking dan camping.

3.      Wisata Budaya
a.      Rengga
Rengga adalah tempat duduk di punggung gajah atau hewan lainnya. Pada zaman dahulu, rengga biasanya digunakan untuk mengangkut orang penting dalam pertempuran (pada gajah perang) atau perburuan. Rengga emas digunakan dalam Jamboo Savari (Pawai Gajah) pada festival Mysore Dasara. Museum di Mehrangarh Fort, Jodhpur, Rajasthan memiliki galeri berisi rengga-rengga kerajaan.
b.      Lungi
Lungi, juga dikenal sebagai sarung , adalah pakaian yang dikenakan di pinggang. Lungi digunakan di India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, Tanduk Afrika dan Semenanjung Arab selatan. Pakaian ini populer di daerah panas tempat celana panjang tidak nyaman dipakai.
c.       Chaand Raat
Chaand Raat adalah cara berkata orang Hindi, Urdu dan Bengali yang digunakan di India, Pakistan dan Bangladesh untuk malam Idul Fitri; istilah ini dapat berarti malam dengan bulan purnama. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta candrá (चंद्र) "bulan" dan rā́tri (रात्रि) "malam".
d.      Durga Puja
Durga Puja secara umum dirayakan di Bengali Barat, Assam, Jharkhand, Orissa dan Tripura, dan ada hari libur selama lima hari. Di Tripura yang penduduk mayoritasnya adalah Orang Bengali Hindu, festival ini adalah perayan tahunan terbesar. Selain itu, Durga Puja merupakan peristiwa sosial-budaya yng paling signifikan dalam masyarakat Bengali. Durga Puja juga dirayakan di Delhi, Uttar Pradesh, Bihar, Maharashtra, Gujarat, Punjabi, Kashmir, Karnataka dan Kerala. Sementara di luar India, Durga Puja menjadi festival penting di Nepal dan Bangladesh. Pada masa kini, banyak imigran Bengali yang merayakan Durga Puja di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, Jerman, Perancis, dan Kuwait. Pada 2006, sebuah perayaan Durga Puja yang besar digelar di Great Court di British Museum.
e.       Holi
Holi atau Festival Warna adalah festival awal musim semi yang dirayakan di India, Nepal, Bangladesh, dan negara-negara berikut yang memiliki penduduk beragama Hindu: Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, dan Fiji. Di Benggala Barat dan Bangladesh, festival ini disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival musim semi). Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Dewa Kresna seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana. Kota-kota tersebut ramai didatangi wisatawan selama musim festival Holi yang berlangsung hingga 16 hari.
f.       Kumbha Mela
Kumbha Mela  adalah sebuah ritual ziarah yang dilaksanakan oleh umat Hindu di India setiap 12 tahun sekali. Tradisi ziarah ini meliputi 4 lokasi: Allahabad (Prayag), Haridwar, Ujjain dan Nashik di India. Siklus ziarah 12 tahun sekali ini dinamakan juga Māhā Kumbha Melā (Kumbha Mela Besar) yang dilaksanakan di Prayag, yang dapat dihadiri sampai 60 juta orang. Tradisi ini mengumpulkan orang paling banyak di dunia dalam satu waktu sekaligus.
g.      Dhoti
Dhoti adalah pakaian tradisional laki-laki di anak benua India. Panjang pakaian ini biasanya 7 yard. Dhoti membungkus pinggang dan kaki seorang laki-laki. Di negara bagian Gujarat, Rajasthan, dan Maharashtra, banyak orang yang mengenakan pakaian ini. Dhoti juga dipakai di negara bagian Benggala Barat dan Orissa.
Di Nepal, Dhoti hanya digunakan oleh masyarakat Madhesi yang tinggal di wilayah Terai yang memiliki kultur sangat dekat dengan India. Namun kata "Dhoti" sering digunakan sebagai cercaan rasial oleh masyarakat mayoritas Nepal kepada masyarakat minoritas Madhesi.

h.      Kathak
Kathak adalah tarian klasik yang berasal dari India Utara. Kathak adalah tarian yang terbagi secara naratif dan dicirikan dengan gerakan kaki yang cepat (tatkar) dan berputar (chakkar). Bentuk tari khatak saat ini adalah bentuk yang berasal dari banyak pengaruh pada masa lalu, seperti pengaruh mitologi kathakas (nyanyian kuno), tarian kuil, gerakan bhakti (Vaishnavisme dan Shaivite), serta pengaruh Persia pada masa kekuasaan Mughal sejak abad ke-16; dan elemen-elemen ini tak dapat terpisahkan. Penari Kathak saat ini sebagian besar belajar dari sekolah untuk tari Kathak yang utama yaitu gharana di Jaipur, gharana di Lucknow serta gharana di Benares.
i.        Kathakali
Kathakali adalah tarian yang berasal dari Kerala (India Selatan). Tarian ini merupakan drama musikal yang bermakna permainan cerita dan ditarikan untuk menggambarkan kemenangan kebenaran atas kesalahan. Para penari Kathakali menggunakan riasan wajah serta kostum tarian yang berwarna meriah. Ini melambangkan bahwa karakter-karakter yang dimainkan merupakan mahkluk dari dunia lain. Riasan wajah-wajah penari dapat dibedakan sebagai satvik (rupa dewa), rajasik (rupa ksatria), dan tamasik (rupa setan). Tema tari Kathakali berasal dari cerita klasik Ramayana, Mahabharata dan berbagai kisah legenda dan mitologi Hindu
j.       Bharatanatyam
Bharatanatyam berasal dari Tamil Nadu (India Selatan) dan telah diwariskan selama 2000 tahun melalui pengajaran dari guru tari yang disebut (nattuwanar) dan penari kuil yang disebut devadasi. Pelatihan tari ini memerlukan waktu 7 tahun di bawah bimbingan nattuwanar yang dianggap sebagai ilmuwan dan cendekiawan. Empat Nattuwanar dari Tanjore yang dinamakan Kuartet Tanjore adalah kakak beradik yang bernama Chinnaiah, Ponnaiah, Vadivelu, dan Shivanandam. Kwartet Tanjore dikenal telah mengkonstruksikan tari Bharatanatyam.
k.      Odissi
Odissi adalah tarian yang berasal dari Orissa untuk memuja Krishna. Ciri khas tari ini adalah ditarikan dengan sukacita dan penuh semangat. Tarian ini penuh gerakan yang mengkonsentrasikan pada tribhang, gerakan tubuh yang terbagi atas tiga bagian, kepala, dada dan torso. Penari Odissi menceritakan tentang 8 inkarnasi dari Vishnu, yakni Dewa Krishna

4.      Wisata Kuliner
a.      Ayam Tandoori adalah masakan Punjabi yang berasal dari Punjab dan keberadaannya dapat ditelusuri hingga zaman Kesultanan Mughal di Asia Selatan. Makanan ini masih menjadi makanan popular di daerah tersebut dan juga di Asia Tengah.
Daging ayam untuk masakan ini pertama-tama direndam adonan susu asam kental yang telah dibumbui dengan garam masala - bawang putih, jahe, cabai dan macam-macam lada India tergantung dari resep rasa yang diinginkan. Biasanya masakan ini disuguhkan pedas, tapi kemudian dijadikan tidak pedas sesuai dengan cita rasa negara-negara Barat. Lada merah, bubuk cabai dan bumbu-bumbu lainnya memberikan warna merah pada daging ayam. Kunir (kunyit) memberikan warna oranye kekuningan. Sejalan dengan modernisasi, warna merah dan kuning ini adalah hasil dari pewarna makanan.
Ayam Tandoori secara tradisional dimasak dalam oven bawah tanah (yang disebut tandoor di India) dengan suhu tinggi. Tapi, sekali lagi karena kemajuan zaman, masakan ini bisa disiapkan hanya dengan menggunakan panggangan biasa.
b.      Samosa
Samosa vegetarian khas India dibuat dari terigu (tepung maida), kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Bawang bombay digantikan asafetida (hing) untuk orang yang pantang bawang. Samosa dimakan dengan saus cocol berupa chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian berisi daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan. Di Asia Tengah, isi berupa daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.
c.       Kebab
Kebab (kebap, kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, atau kephav) adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika.
Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.
d.      Rasgulla
Rasgulla adalah makanan manis bersirup berbasis keju yang berasal dari Orissa. Makanan ini populer di India dan Asia Selatan Makanan ini dibuat dari bola-bola chhena (keju India) dan adonan semolina, dimasak dengan sirup gula.
e.       Lassi
Lassi adalah minuman yoghurt dingin dari kawasan Punjab di Pakistan dan India. Yogurt diblender bersama air, garam, merica, es, dan rempah-rempah khas Pakistan atau India. Lassi yang dibuat dengan resp tradisional kadang-kadang diberi aroma bubuk jintan. Lassi manis diblender bersama gula dan tidak dicampur rempah-rempah.
f.       Biryani
Biryani adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras basmati)
Pelancong dan pedagang Parsi memperkenalkan cara memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.
Biryani dengan bahan utama basmati. Dari semua varietas beras, Basmati adalah yang terbaik dan termahal. Secara harfiah kata basmati berarti ratu ~ dari aroma 'dan ini varietas padi aromatik dan lezat benar-benar hidup dengan namanya. Para memukul bibir gila rasa dan tekstur lengket non membuatnya cocok untuk berbagai persiapan. Sebuah pilihan favorit para bangsawan, basmati yang populer di seluruh dunia.
g.      Jadoh
Ini adalah hidangan berupa nasi yang dimasak dengan isi perut babi dan ayam.
Ini adalah hidangan populer di kalangan suku-suku Jaintia, di India Utara.
h.      Nahkham
Nahkham adalah hidangan khas dari suku Garo di India.
Hidangan ini terdiri dari kari yang terbuat dari ikan kering yang dicampur dengan sayuran.
Hidangan ini punya bau yang bisa dibilang jauh dari kata harum atau menggugah selera.
i.        Doh Khileh
Hidangan berupa salad ini berasal dari Meghalaya. Ini adalah salad yang dibuat dari daging babi dan bawang merah. Kemudian sebagai hiasan, salad ini diberi otak babi kukus di atasnya.
j.        Masala Chai
Masala Chai adalah teh susu yang dicampuri sejumlah bumbu termasuk jahe dan gula. Di tepi-tepi jalan kota besar seperti Kolkata, penjual minuman ini cukup mudah terlihat. Chai selalu dihidangkan panas-panas, langsung dari panci tempatnya direbus. Masyarakat pekerja di India pada pagi hari biasa tampak berkerumun di kedai-kedai penjual minuman ini.

5.      Wisata Medis
a.      Air Terjun Hogenakkal
Air Terjun Hogenakal adalah air terjun di India Selatan di Sungai Kaveri. Air terjun ini terletak di distrik Dharmapuri di negara bagian Tamil Nadu. Air terjun ini terletak sekitar 180 km dari Bangalore dan 46 km dari Dharmapuri. Air terjun ini kadang-kadang disebut "Niagara India". Air terjun ini terkenal akan airnya yang dapat digunakan untuk pengobatan. Air terjun ini merupakan atraksi wisata utama.




6.      Wisata Religi
a.      Harmandir Sahib
Mungkin banyak yang kurang familiar dengan nama Harmandir Sahib. Tapi, itulah nama resmi untuk Kuil Emas Amritsar yang begitu populer di kalangan wisatawan di India. Harmandir Sahib merupakan tempat suci bagi agama Sikh yang dibangun pada abad ke-16 oleh sikh guru ke-5, Guru Arjan. Kuil ini kerap disebut sebagai Golden Temple (Kuil Emas) karena bagian luar dan atasnya dilapisi dengan emas. Terletak di tepi sungai suci yang dikenal dengan nama Sarovar, Harmandir Sahib memantulkan bayangan keemasan yang cantik, terutama di malam hari. Setiap pengunjung yang datang ke Harmandir Sahib harus menjaga kesucian tempat dengan melepas alas kaki, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi daging dan minuman berlakohol di sekitar kuil.
b.      Akshardham
India terkenal memiliki banyak kompleks kuil Hindu yang cantik dan sakral. Salah satu kompleks kuil Hindu tercantik di India terdapat di kota Delhi. Akshardham namanya. Akshardham, juga dikenal dengan nama Delhi Akshardham atau Swaminarayan Akshardham, menjadi simbol dari kebudayaan, kerohanian, serta arsitektur Hindu dan India. Kuil Hindu di Delhi ini memiliki desain kompleks dengan banyaknya relief, atap, dan tiang-tiang kecil yang menjadi bagian dari kuil. Konon, kuil ini dibangun oleh 10.000 orang yang terdiri dari 7.000 pengrajin utama dan 3.000 sukarelawan.
c.       Kuil Jain Ranakpur
Kuil Jain Ranakpur menjadi destinasi terfavorit ke-6 di India berkat desainnya yang unik. Tempat suci bagi kepercayaan Jainisme ini terbuat dari marmer berwarna cerah di atas lahan seluas 60 x 62 meter. Bagian bawah kuil ditopang oleh sekitar 1.444 tiang yang dihias dengan ukiran-ukiran indah. Tak ada satu tiangpun yang memiliki ukiran sama. Daya tarik lainnya dari Kuil Jain di Ranakpur adalah keberadaan patung-patung sakral yang saling berhadapan. Salah satu patung paling istimewa di kuil ini berbentuk 108 kepala ular dengan beberapa ekor buntut. Kepala dan badan patung ular dari marmer tersebut saling membelit hingga sulit menemukan pasangan kepala ular dan ekornya.

BAB III
PENUTUP

  
A. Kesimpulan
India adalah negara yang memiliki banyak sekali potensi wisata yang menarik dan mengesankan. Diantaranya bisa dilihat dari bangunan-bangunan peninggalan seperti benteng, kuil, dan istana, ada pula wisata alamnya yang sangat indah. Tak ada salahnya jika kita mengagumi negara tersebut, karena negara tersebut juga masih menjunjung tinggi budaya asli mereka.
India patut dijadikan destinasi favorit oleh wisatawan. Dan India mampu bersaing dengan negara-negara lainnya.


B. Saran
  1. Lebih memperbanyak promosi agar daya tarik di India lebih dikenal masyarakat dunia
  2. Selalu menjaga kekayaan alam demi kelangsungan makhluk yang hidup di dalamnya.
  3. Menjaga warisan leluhur itu penting.



DAFTAR PUSTAKA


 BAGI SIAPAPUN YANG MENGCOPY TUGAS INI, HARAP BERSADAR DIRI UNTUK MENCANTUMKAN WEB INI DALAM DAFTAR PUSTAKA ANDA. JIKA TIDAK NILAI ANDA TIDAK AKAN BAROKAH!!!!!

3 komentar:

  1. Manfaat Belajar Mahabbah :


    > Mengunci pasangan agar setia dan memiliki hubungan asmara yang harmonis.

    > Baik untuk anda yang memulai perkenalan dengan seseorang yang baru anda temui agar cinta pada pandangan pertama

    > Menghilangkan kesialan dalam percintaan. sangat cocok untuk anda yang sering putus cinta, diselingkuhi kekasih / suami / istri & susah mendapatkan jodoh

    > Banyak orang yang mempercayai ucapan anda cocok untuk anda yang bekerja sebagai sales

    > Memancarkan daya tarik dan pesona yang sangat kuat

    > Disayangi dan dicintai banyak orang

    > Meluluhkan hati orang yang benci / marah kepada anda

    > Menundukan pasangan yang keras dan sulit diatur

    > Meluluhkan hati atasan yang suka marah - marah

    > Mempunyai daya tarik wibawa kharisma sehingga mampu mempengaruhi orang lain


    http://pelatihanintienergi.com/belajar-mahabbah.php


    0812 8202 7639 / 085 777 269 266

    BalasHapus
  2. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =081 242 333 760 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

    apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
    Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
    Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
    Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
    cara kirim pulsa 300 ribu di no:081 242 333 760
    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Otimis Anda bisa Menang…!!!
    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus